2/01/2016

Di Mana Ketemu Orang Baru?

Saya suka dapat pertanyaan dari orang2: Kok kamu ngga ada pacar sih? Kadang saya juga bingung, kok saya ngga banyak yang naksir ya? Salah satu alasan yang paling sering saya bilang adalah: jarang ketemu orang, ngga ada banyak waktu buat sosialisasi atau party. Mereka suka bingung, lha, kegiatannya kelihatannya banyak tapi kok ngga ketemu orang banyak tuh gemana sih?

Di Mana Ketemu Orang Baru?

Saya kan jadwalnya sehari-hari ketebak banget. Pagi sampai siang ngantor, makan siang juga di pantry. Pulang kantor ke gym. Di gym serius banget ngangkat beban, ngga bersosialisasi kecuali di locker perempuan. Kalaupun keluar pulang kantor, paling sama teman kantor yang cowok juga (yang bukan pacar), atau ketemu sama sohib2 seperti Muin, Kiwir, Nia. Dugem udah jarang, paling kalau ada event yang berhubungan dengan kantor.

Dipikir-pikir, kadang pengen juga ketemu sama orang baru. Gemana ya caranya? Saya pernah internet dating tapi kok ya ketemu orang2 ajaib, lagi pula kok ngga sreg ya. Saya jadi inget2 lagi, saya kalau ketemu orang2 baru yang jadi prospek itu gemana ya?

Si Jorok saya ketemu di lobby, terus dia yang nyamperin. Si Orang Malaysia itu ketemu dikenalin sama temen. The love of my life yang terakhir ketemunya di kantor. Mantan suami juga dulu orang kantor. Terus sekarang mau ketemu di mana?

Kalau nongkrong di restoran sendiri, atau di pub, kayaknya ngga deh. Saya termasuk orang yang bisa enjoy melakukan kegiatan sendiri, tetapi so far, saya pulang kantor dan mampir ke pub seberang jalan buat nunggu macet, ngga ada juga tuh yang nyamperin. Kalau ada, ngga sesuai spec. Saya pernah eksperimen melakukan itu dan so far no luck deh. Ngga asik aja, ujung2nya ngecek2 blackberry sendirian.

Yang paling efektif memang dikenalin temen. Karena temen tahu kita seperti apa, dan dia bisa ngenalin orang yang kira2 cocok dan sesuai dengan kita, misalnya, karena dua2nya suka outdoor. Ngga mungkinlah temen saya ngenalin saya sama orang yang ngga suka adventure atau yang demen ngelomprot depan TV, apalagi yang ngga suka olah raga. Saya ketemu banyak orang baru dari teman, misalnya, sahabat saya ada acara ulang tahun teman sekantornya, terus saya diajak.

Atau kalau pas kebetulan mereka lagi ada di dekat kantor saya pas lagi makan siang, saya disuruh nyebrang ke mall buat gabung. Saya jadi kenal teman2 sekantornya. Saya juga suka begitu, ngajak makan sahabat saya terus saya ajak temen2 kantor saya juga buat ngopi atau maksi, yang kira2 bisa nyambung. Saya sempet dekat dengan orang yang dikenalin sahabat saya dari pesta kantornya. Lumayan efektif.

Tempat lain untuk ketemu orang baru adalah dengan ikut kegiatan berkelompok atau club. Saya banyak ketemu teman2 baru dari kegiatan menyelam, memotret, salsa atau blogging. Di gym tidak terlalu banyak ketemu teman baru, soalnya masing2 konsentrasi dengan programnya (dan saya pengen cepet pulang dari gym supaya bisa makan dan tidur!).

Kadang2 ikut kegiatan charity juga lumayan buat ngumpulin teman2 baru. Banyak malah teman2 saya yang akhirnya menikah dari kegiatan demo pas mau nurunin Suharto tahun 1998. Cuman, sampai sekarang saya belum pernah tuh ketemu pacar dari diving maupun salsa. Tapi karena seringnya kita selama berhari-hari barengan, banyak yang di share sehingga hubungan kita jadi deket.

Tempat lain buat ketemu adalah, walaupun saya ngga terlalu setuju, adalah lingkungan kerja. Sering ketemu, sering diskusi, lama2 sering makan siang, eh demen. Saya malah kawin sama teman sekantor dulunya. Saya juga beberapa kali dekat, dan dua kali pacaran sama orang sekantor.

Enak sih, sering ketemu, tapi udahannya ngga oke deh, soalnya mempengaruhi kinerja banget kalau lagi berantem bahkan putus. Saya malah diputusin di kantor tuh, sama the love of my life. Rasanya males masuk kantor, tapi kok ya ngga professional ya. Berat bener rasanya.

Tempat ketemu orang yang berhubungan dengan kerja biasanya konferensi atau event2 professional. Kebetulan di dunia saya ada organisasi se Asia Tenggara yang melibatkan orang2 eksplorasi dan mereka suka mengadakan kumpul2 pulang kantor. Cuman biasanya ini sih ngobrolin bisnis dan, sekali lagi, agak malas ya, kalau berhubungan dengan client atau kontraktor. Takut bias.

Lagi pula, kebetulan orang2 yang saya ketemu kebanyakan pantas jadi om saya. Naaah, kalau mereka bawa teman dari dunia lain, itu lain cerita. Saya pernah didekati oleh temennya orang kantor yang bukan orang oil and gas. Cuman…dia sohibnya boss euy…ngga deh.

Saya pernah baca blog yang mengatakan ketemu orang baru di pub, restoran, atau toko buku. Rasanya kalau di Jakarta, ini tidak lazim dilakukan oleh perempuan ya. Lagian biasanya orang2 kalau ke restoran sudah bawa teman mereka, bukan mau cari teman. Mungkin kalau di negara barat hal ini bisa dilakukan. Waktu saya di Amerika dan kebetulan lagi traveling sendiri dan mampir di pub sendirian, ada cowok ganteng banget yang ngedeketin dan ngajak ngobrol.

Kejadiannya di Washington DC. Sopan, cakep, asik diajak ngobrol, buntutnya dia ngasih tahu bahwa pub tempat saya itu letaknya di gay area dan dia sendiri gay. OK, ketemu orang baru tapi ngga bisa diprospek. Pada kenyataannya, si cowok ini ngenalin saya ke teman2nya yang guanteng2 setengah mati tapi ngga tertarik sama perempuan. Halah. Salah nangkring.

Kalau di Jakarta ini, rasanya saya tidak terlalu berselera nangkring di pub sendirian. Kayaknya nggak aja gitu. Atau mungkin saya nongkrong di tempat yang salah ya, lagi pula di negara kita yang berwawasan timur ini, ngga lazim perempuan pergi ke pub sendiri untuk makan atau ketemu orang. Saya pernah bereksperimen beberapa kali di pub yang beda2, selain orang yang masuk sudah bawa teman atau pasangan, kok saya malah ketemu sama aki2 yang kesepian. Males ya.

Yang paling bener memang dikenalin sama sahabat dan mengikuti kegiatan2 berkelompok atau club. Entah ikut kelas dansa, kelas fotografi, grup jogging, paling nggak ketemu sama orang2 yang memiliki interest yang sama.

Tahun depan saya niat ah, cari kegiatan yang baru. Lumayan, menghilangkan rasa bosan, belajar sesuatu yang baru dan ketemu teman2 baru. Ada yang mau ikutan belajar main golf?

Anda juga bisa menuliskan dan berbagi dengan seluruh sahabat pembaca "TJanda". Menulislah sekarang dan kirimkan melalui halaman Kontak.