1/27/2016

Cari Yang Menghargai Diri Sendiri

Saya baru saja ‘memutuskan’ hubungan dengan seseorang setelah 2 bulan dekat. Dua bulan sih baru masa perkenalan jadi belum sempet pacaranlah. Tapi ada beberapa hal yang mengganjal yang masih juga saya jalani sampai akhirnya capek. Ini listnya:

Cari Yang Menghargai Diri Sendiri

  • Dia tidak berolah raga dan banyak sekali nonton TV
  • Dia jorok: pot kopinya yang minggu lalu masih belum dicuci sehingga tumbuh jamur
  • Dia tidak rapih tempat tinggalnya; sudah 3 bulan pindah ke Jakarta, masa’ bajunya belum dikeluarin dari kotak? Begitu pula dengan barang2nya.
  • Dia tidak punya pembantu tapi punya mesin cuci. Masa’ iya ngga nyuci, baju2nya gantung di punggung kursi makan semua?
  • Bisa tuh cucian piring numpuk sampai susah nyuci piring. Kadang saya gemes saya cuci piringnya supaya saya ada gelas bersih!
  • Tidak memperhatikan makan sehat.

Sampai satu ketika, dia bbm saya karena baru dari luar kota. Tentunya waktu dia bilang pulangnya dipercepat, saya seneng dong. Ekspektasi saya, dia dateng terus ngajak makan malem bareng, karena saya juga masih begadang di kantor sampai jam 7 malem. Lha, kok ya cuma laporan, “Saya balik nih. Saya mau pergi mabok sama temen2″.

Lha, MAKSUDLOOOH? Kok kayak anak kecil banget. Mau show off? Trus dia mikir ngga, itu seolah bilang, “Gue balik ke Jakarta nih. Tapi gue mau pergi ngga sama elu”. Lha, saya juga lagi spanneng di kantor, kok ya ini laporan apa nih maksudnya nih… Bukannya minta diajak, tapi caranya itu lho, kan bisa dikemas dalam bentuk yang lebih baik.

Kan dia ngomong sama temen baiknya toh, apa saya yang kege-eran kali ya, mikir dia temen baik saya. Kok ya ujug2 bilang, “Saya mau pergi mabok2an”. Lha, buat apa tho?

Kemarin2, saya inget: dua kali janji mau telepon, ngga telepon. Saya tungguin, eh dia lupa karena nangkring sama temen2nya. Mau pergi makan malam, trus mundur2 jamnya. Lha, ini gemana sih, kok ga ada respect sama temen, janji kok gitu. Emangnya saya ngga punya rencana lain apa ya?

Pikir punya pikir, lihat2 gaya hidupnya, gemana dia mau respect somebody else kalau dia sendiri ngga respect sama diri sendiri? Gaya hidupnya yang jorok dan malas, kok ya seolah-olah saya kembali ke masa kuliah dimana temen2 cowok pada jorok kamar kosnya karena ngerjain tugas.

Lha ini kan udah dewasa, masa’ iya bisa tinggal di kapal pecah begitu ya? Atau, pakai baju yang cuma digantung di kursi, bukannya digantung bener di lemari?

Kalau orang ngga bisa menghargai dirinya sendiri, dia ngga bakalan bisa menghargai orang lain. Kalau dia menganggap enteng janji, dia ngga bakalan bisa tanggung jawab, apalagi tanggung jawab sama perasaan orang lain. Sebagai temen aja maleslah punya temen begini, apalagi pacar. Makan hatilah ya…

Jadi lesson to learn saya, jangan buru2 commit sama orang sebelum tahu apakah dia menghargai diri sendiri dan keluarganya. Kalau sama diri sendiri saja ngga sayang, trus gemana mau care sama orang lain?

Cari yang disiplin, bersih, dan sayang sama badan sendiri deh, kalau sudah kelihatan ngga rapih dan bersih, kayaknya cepet2 hengkang deh. Yang ada nanti malah kita jadi makan hati karena kudu beberes melulu sementara dianya nonton TV! Ga mau kan, sama yang begini?

Saya juga mikir, kalau saya jadi sama ini orang, kayaknya saya yang ngga menghargai diri sendiri. Memang sih, rada gedeg aja, it didn’t work out, tapi ya wong yang pertama2nya kelihatan cocok dan oke aja buntutnya suka ngga oke, apalagi yang dari awalnya ngga OK…capek deh.

Neeeext!

Anda juga bisa menuliskan dan berbagi dengan seluruh sahabat pembaca "TJanda". Menulislah sekarang dan kirimkan melalui halaman Kontak.